Tingkatkan Kemampuan Siswa, MTs Al-Muhajirin Pinggir, Ajak Siswa Praktik Renang*

DURI, WARTAPOLRI – Dalam rangka meningkatkan kemampuan renang, peserta didik MTs Al-Muhajirin Kecamatan Pinggir khususnya kelas Putri (An-nisa) 7,8 dan 9 laksanakan praktik renang di Kolam Renang Haratio Park – Duri, Sabtu (11/02/23).

Dibimbing oleh guru olahraga Bapak Ariadi dan didampingi oleh wali kelas masing-masing kelas, seluruh siswi Putri memulai dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum masuk ke kolam air. Meregangkan otot tubuh agar tidak kram saat berada di kolam.

Saat dijumpai di lokasi, Bapak Ariadi menyebut bahwa, selain bagian dari pelajaran penjasorkes, kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagai sarana bermain/rekreasi. Hal itu akan sangat cocok bagi siswa untuk belajar renang atau bahkan menguasai teknik dan gaya berenang tingkat dasar.

Kepala MTs Al-Muhajirin Bapak Rudiansyah, S.Pd.I,.MM menyatakan
“Memiliki kemampuan berenang adalah suatu keterampilan mendasar yang harus dikuasai setiap siswa dan siswi di MTs Al-Muhajirin, terkait kesesuaian dengan materi pelajaran PENJASORKES.” Terang beliau.

Seusai pemanasan, dilanjutkan dengan pengenalan-pengenalan gerak dalam air dan latihan dasar pernafasan. Ariadi mengajarkan gerakan meluncur dalam air dan teknik mengapung dalam air dengan pergerakan kaki. Lebih lanjut, guru yang akrab disapa Pak Ari ini menilai bahwa keterampilan berenang bisa menambah perbendaharaan kemampuan berolahraga dan kemampuan bermain di air, sekaligus mengimputan nilai mata pelajaran PENJASORKES.

Beliau juga menjelaskan
“Tidak hanya olahraga yang umum di darat saja seperti jogging (berlari), sepakbola, bulutangkis, dan lain sebagainya. Terampil berenang dapat menambah kepercayaan diri dalam bergaul. Selain olahraga, renang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk perawatan atau terapi bagi yang cedera, terutama yang berkaitan dengan cedera persendian atau otot.” Tambahnya.

Saat kegiatan berlangsung, para siswa terlihat senang dan antusias dengan pembelajaran yang seperti ini. Belajar sambil bermain dan berekreasi akan membuat mereka semangat kembali untuk belajar di madrasah. (MJ)

Mungkin Anda Menyukai